Input, Output dan Konversi Data pada delphi firemonkey adalah pelajaran dasar bagi seorang programmer. Dalam membuat sebuah aplikasi maka alur bakunya pasti ada Input, Proses dan Output.

Input adalah nilai yang dimasukan dan akan diolah pada sebuah aplikasi kemudian Proses adalah pengolahan data yang masuk dan kemudian akan disajikan dalam bentuk informasi.

Informasi yang diberikan oleh sebuah aplikasi adakalanya mengalami perubahan format, misalkan sebuah kalkulator maka inputnya adalah bilangan bisa bulat dan pecahan kemudian diproses dan ditampilkan dalam bentuk string. Maka perubahan format data atau tipe data ini pasti menggunakan Konversi Data.

Konversi Data pada delphi ada beberapa macam, antara lain konversi dari string ke integer dan sebaliknya, dari tanggal ke string dan sebaliknya, dari string ke float (pecahan) dan sebaliknya serta masih ada beberapa bentuk konversi lainya.

Input Data Pada Delphi

Input data pada delphi ada beberapa macam yaitu input dari luar dan input secara internal. Input dari luar maksutnya adalah inputan yang didapat dari interaksi antara aplikasi dengan pengguna sedangkan input internal adalah inputan yang tidak dimasukan oleh pengguna aplikasi.

Input Eksternal ini berhubungan dengan komponen lain pada delphi, misalkan ingin memasukan tulisan maka kita bisa menggunakan komponen TEdit dan TMemo. Apabila kita ingin memasukan pilihan maka bisa menggunakan TCombobox, TRadioButton dan TCheckbox.

Data dari komponen ini bisa ditampung dalam sebuah variable yang artikelnya bisa dibaca di sini. Variable adalah Wadah yang digunakan untuk meletakan nilai, dan jenis variable ini ada banyak menyesuaikan dengan nilai apa yang akan dibawa/disimpan yang disebut Tipe Data.

Tipe data yang digunakan untuk potongan program dibawah ini ada Integer untuk menampung bilangan bulat dan Real untuk menampung bilangan pecahan.

Implementasi Input, Output dan Konversi Data

Inputan dari aplikasi ini adalah 2 buah Tedit dan akan dimasukan kedalam variable vNilai1 dan vNilai2, ini yang dinamakan input eksternal sedangkan input internal pada script dibawah ini terdapat pada variable vHasil yang menyimpan nilai dari proses penambahan vNilai1 dan vNilai2.

Kemudian outputnya adalah hasil penambahan tersebut yang ditampilkan pada sebuah TLabel.

procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
Var
//Deklarasi Variabel Lokal
   vNilai1, vNilai2 : Integer;
   vHasil : Real;
begin
  vNilai1 := StrToInt(Edit1.Text); //String menjadi Integer
  vNilai2 := StrToInt(Edit2.Text); //String menjadi Integer
  vHasil := vNilai1 + vNilai2;
  Label1.Text := FloatToStr(vHasil); //Pecahan menjadi string
End;

Konversi data yang terjadi pada script diatas adalah perubahan dari inputan berupa string diubah menjadi Integer dengan penulisan StrToInt(); yang diimpementasikan pada Edit1.Text dan Edit2.Text.

Kenapa string diubah dahulu menjadi integer? Nilai string tidak bisa dilakukan operasi aritmatika dan yang bisa digunakan untuk operasi aritmatika adalah tipedata bilangan baik bulat maupun pecahan. Maka perlu dilakukan konversi dari tipe data string menjadi integer.

Selain tipe data string menjadi integer, pada contoh script diatas juga ada konversi dari float menjadi string. Variabel real merupakan tipe data untuk nilai pecahan, nilai pecahan ini didapat dari operasi aritmatika antara variabel vNilai1 dan vNilai2.

vNilai1 dan vNilai2 dilakukan operasi aritmatika penjumlahan, operasi yang lain bisa pembagian yang menghasilkan bilangan pecahan. Hasil penjumlahan tersebut akan ditampilkan pada TLabel yaitu Label1.Text, karena Text pada Label1 bertipedata string maka dari vHasil yang bertipedata Real harus diubah menjadi string dengan perintah FloatToStr();

Perintah FloatToStr() mengubah bilangan pecahan menjadi string dan StrToFloat() untuk sebaliknya. Masih banyak lagi konversi data lainya seperti DateToStr(); untuk mengubah tanggal ke String dan StrToDate(); untuk sebaliknya.

Leave a Comment