Sudah lama rasanya tidak membuat aplikasi Native untuk android, biasanya saya pakai Delphi untuk membuat aplikasi android. Mumpung ada ide untuk membuat aplikasi riyadhoh / latihan bagi santri-santri yang kami dampingi maka saya menyempatkan membuat aplikasi tersebut.

Aplikasi Amalan Santri

Aplikasi ini saya namakan Apliaksi Amalan Santri, dimana isinya adalah daftar Dzikir harian, kemudian setiap santri harus memilih salah satu amalan yang akan dikerjakan. Kemudian setelah amalan dipilih akan muncul Counter seperti tasbih digital begitu untuk digunakan santri untuk menghitung jumlah amalan yang dikerjakan.

Setelah santri selesai mengerjakan amalan tersebut maka riwayat pengerjaan akan tersimpan, ini akan berguna untuk melakukan evaluasi santri setiap minggu dari hasil pengerjaan amalan yang tersimpan di Aplikasi Amalan Santri tersebut.

Menariknya, saya menambahkan ranking semua santri yang telah menggunakan aplikasi tersebut dengan tujuan menambah motivasi melakukan amalan dengan jumlah banyak untuk bersaing secara sehat antara satu santri dengan santri lainya dan fitur ini bissa digunakan sebagai reward bagi 5 orang santri dengan count terbanyak pada masing-masing amalan.

Desain Aplikasi Amalan Santri

Main Apps untuk aplikasi Amalan Santri tampak seperti desain dibawah ini, dimana ada fitur Profil, Amalan, Riwayat dan Ranking. Setelah melakukan desain dan coding selesai maka saya bersiap-siap mengupload aplikasi tersebut ke play store, mungkin lain kali akan saya ulas bagaimana punya akun di playstore dan bagaimana cara upload aplikasi disana.

membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Desain Main Apps, Aplikasi Amalan Santri

Berikut adalah keseluruhan desain UI dari Aplikasi Amalan Santri tersebut.

membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Main Apps Aplikasi Amalan Santri
membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Daftar Amalan Santri
membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Tasbih Digital
membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Riwayat Amalan

Upload Aplikasi Ke Play Store

Tiba saat upload apk yang dihasilkan kedalam listing toko di playstore, tapi ternyata aplikasiku ini ditolak oleh playstore dengan keterangan harus menyertakan kode 64 bit kedalam aplikasi tersebut.

Apapula ini, secara sudah lama tidak update aplikasi ke playstore tidak tau kalau ternyata per 1 agustus 2019 Semua aplikasi dan update aplikasi baru yang menyertakan kode native harus menyediakan versi 64-bit selain versi 32-bit saat memublikasikan ke Google Play.

Mulai 1 Agustus 2021 Google Play akan berhenti menyajikan aplikasi tanpa versi 64-bit pada perangkat berkemampuan 64-bit, yang berarti mereka tidak akan lagi tersedia di Play Store pada perangkat tersebut.

Oke kalau begitu, berarti saya harus merubah aplikasi saya mengikuti kebijakan tersebut dan setelah cek Delphi saya ternyata belum support 64 bit. Ya Allah bagaimana pula ini? apakah saya harus pake Android Studio? ternyata tidak, karena setelah saya buka websitenya Embarcadore ada Delphi terbaru yaitu versi 10.3.3 dengan nama Delphi Rio.

Didalam release nya Embarcadero menyatakan bahwa Delphi Rio 10.3.3 sudah support Android 64 bit, berarti masalah terpecahkan ya. Saya harus update ke versi Delphi Rio terbaru. Setelah saya download dan Update Delphi kemudian saya compile ulang begitu saya upload kembali file apk saya ternyata berhasil tanpa error.

Berikut adalah hasil tangkapan layar dari keberhasilan upload aplikasi dengan veri 64 bit native.

membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Keberhasilan upload versi 64 bit native

Kemudian tidak hanya windows 32-bit dan android 32-bit saya yang bisa dibuat oleh Delphi Rio 10.3.3 ini, tetapi banyak platform bisa dibuat olehnya, seperti Windows 32-bit dan 64 -bit , Android 32-bit dan 64-bit dan banyak lagi seperti pada gambar dibawah ini termasuk iOS dan macOS 32-bit dan 64-bit.

membuat-aplikasi-android-64bit-dengan-delphi
Target Platform Delphi Rio 10.3.3

Update

Apabila ingin memakai aplikasi Amalan Santri maka bisa download di Play Store dengan klik disini

Leave a Comment