Sebelum membahas Multi Platform ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu platform, dalam dunia persoftware-an platform adalah sistem operasi yang menjadi tempat software itu berjalan. Ada beberapa platform yang jamak kita jumpai yaitu ada windows, Linux, iOS sampai Android.

Bahasa Pemrograman Native

Apabila kita ingin membuat aplikasi native untuk berbagai platform tersebut kita harus paham masing-masing bahasa pemrograman yang dipakai oleh masing-masing platform tersebut misalkan switf untuk mengembangkan aplikasi di iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Ada juga Android Studio yaitu IDE resmi untuk mengembangkan aplikasi untuk platform Android.

Menguasai beberapa bahasa pemrograman sekaligus dirasa tidak efektif mengingat tuntutan pengembangan aplikasi berjalan sangat cepat, maka diperlukan sebuah IDE yang mampu membuat aplikasi yang bisa berjalan pada banyak platform tersebut yang lebih dikenal dengan sebutan multiplatform tanpa melakukan modifikasi pada masing-masing aplikasi yang dihasilkan.

Delphi IDE Multi Platform

Disini ada sebuah IDE yang mampu melakukan hal tersebut, yaitu Delphi dengan dasar pemrograman bahasa pascal. Ya Delphi yang sekarang setelah diambil oleh Embarcadero sudah bisa membuat aplikasi native untuk platform yang berbeda-beda yang bisa berjalan pada lingkungan Windows (32-bit, 64-bit), iOS, Mac OS dan Linux untuk webservice nya.

Bagaimana caranya membuat aplikasi multiplatform dengan mudah menggunakan delphi? coba simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  • Install Delphi terlebih dahulu
  • Jalankan aplikasi Delphinya
  • Klik File | New | Multi Device Application
Multi Device Application Delphi
  • Pilih Template Aplikasi Multi Devicenya dan pilih Blank App
  • Klik OK
Template Multi Device Apps

Target Aplikasi

Android

Pada IDE Delphi terdapat beberapa target output aplikasi, antara lain:

  1. Windows 32 bit dan 64 bit
  2. Android 32 bit dan 64 bit
  3. iOS
  4. Mac OS
  5. Linuk

IDE Delphi yang diinstall pada komputer saat artikel ini ditulis hanya Windows dan Android saja karena belum ada kebutuhan untuk membuat aplikasi selain dari 2 platform besar ini, mungkin nanti akan ditambahkan jika sudah ada orderan untuk iOS dan Mac OS.

Untuk membuat aplikasi Android, maka cukup pilih style nya ke Android dan kita bisa mendesain UI untuk Android serta jangan lupa pilih target platformnya ke Android, seperti pada gambar dibawah ini.

Target Platform Android

Windows (.exe)

Apabila kita ingin membuat aplikasi untuk platform windows dengan ekstensi exe maka pertama-tama pilih style nya ke Windows sehingga tampilan komponennya seperti pada windows pada umumnya dan jangan lupa memilih target platformnya ke Win32 atau Win64.

Target Platform Windows

Hasil Aplikasi

Aplikasi yang dihasilkan oleh Delphi terdapat pada beberapa folder sesuai platformnya masing-masing seperti Android akan tersimpan di NamaFolderPenyimpanan\Android\Debug\HelloWorld\bin\NamaApps.apk, dan untuk Windows akan tersimpan di folder NamaForlderPenyimpanan\Win32\Debug\NamaApps.exe

Folder Hasil Aplikasi

Hasil Aplikasi Android dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Hello World Apk
Tampilan di Smartphone

Hasil aplikasi Windows dalam exe dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini:

Tampilan di Desktop

Kesimpulan

Membuat aplikasi multi platform sekarang ini jauh lebih mudah dengan adanya Delphi terbaru, dengan One Code Base saja kita bisa membuat beberapa aplikasi untuk beberapa platform berbeda. Dengan adanya Delphi Community Edition masalah lisensi sudah teratasi yaitu kita bisa menggunakan delphi untuk membuat aplikasi komersial dengan batas nilai aplikasi 50 juta kebawah selama satu tahun.

Leave a Comment