Integrated Development Environment (IDE) Adalah sebuah aplikasi yang memiliki banyak fitur yang dibutuhkan oleh Software Developer untuk men-Design, Develop, Test, Debug dan Deploy sebuah Aplikasi. Banyak tenaga yang bisa dikurangi dan banyak waktu yang bisa dihemat ketika bekerja dengan menggunakan sebuah IDE.

Dari waktu ke waktu, IDE dari Delphi selalu dikembangkan terus oleh Perusahaan yang mengembangkannya, dalam hal ini adalah Embarcadero Technologies. Didalam IDE terdapat banyak fitur yang diantaranya adalah:

  • Form Designer, sebuah Form dalam bentuk window untuk mendesain UI(User Interface) untuk Aplikasi Anda.
  • Tool Palette, untuk menampilkan daftar komponen visual dan komponen non-visual yang bisa anda pilih untuk mendesain UI Aplikasi Anda.
  • Object Inspector, untuk menguji dan mengubah property dan event dari suatu object.
  • Structure View, untuk menampilkan dan mengubah hubungan antar komponen.
  • Code Editor untuk menuliskan dan mengedit kode program.
  • Project Manager untuk mengelola file-file dalam suatu project atau banyak project dalam sebuah project group.
  • Integrated debugger untuk menemukan dan memperbaiki error dari kode program anda.
  • Dan masih ada banyak lagi tool-tool lain untuk mengubah nilai-nilai property dari suatu object.
  • Command-line toolsmencakup compilers, linkers, kegunaan-kegunaan yang lain.
  • Designing Applications

Software Developer dapat menciptakan berbagai jenis Aplikasi yang berjalan diberbagai Platform seperti Windows, OS X, iOS dan Android.

Dengan menggunakan Form Designer untuk mendesain sebuah UI, secara otomatis juga dituliskan kode-kode yang terintegrasi seperti deklarasi object, method dan juga menambahkan library secara otomatis kedalam file dokumen.

Anda juga bisa merubah kode-kode program yang ada didalam Source Editor. Selain itu, anda juga bisa mengubah kode-kode object ketika Interface ditampilan sebagai code. Perubahan tersebut jika anda lakukan dan kemudian dikembalikan sebagai UI akan mengikuti perubahan yang anda lakukan.

Kemudian anda juga dimungkinkan untuk menciptakan Komponen sendiri. Didalam Modul Pelatihan ini juga sudah ditambahkan materi pengajaran untuk menciptakan komponen sendiri. Komponen yang telah anda ciptakan dan kemudian diinstall, maka dapat anda jumpai komponen tersebut didalam pane Component Palette.

Creating Projects

Bisa dipastikan bahwa semua pengembangan aplikasi pasti berputar-putar pada sebuah Project. Ketika anda menciptakan sebuah Aplikasi dengan Delphi, maka anda membuat Project terlebih dahulu.

Project itu sendiri adalah kumpulan dari beberapa file yang membentuk sebuah Aplikasi. Semua file-file tersebut diciptakan saat sedang mendesain project. Dan beberapa file yang lain diciptakan saat project tersebut di-compile.

Anda dapat melihat daftar file-file yang ada didalam sebuah project dengan menggunakan bantu pane Project Manager. Project Manager itu sendiri didalamnya ada hierarki untuk:

  • File-file
  • Unit
  • Form/Module

Bahkan file-file tersebut ditampilkan juga informasi untuk path.

  • Editing Code
  • Compiling Applications
  • Debugging Applications
  • Deploying Applications

Professional

Bekerja secara Profesional dengan menggunakan Delphi adalah harapan dari setiap Software Developer. Namun tidak semua dari mereka yang sudah bisa bekerja secara Profesional dalam menggunakan Delphi.

Bagaimana seorang Programer sudah dikatakan Profesional menggunakan Delphi? Pertanyaan ini memiliki jawaban yang tidak mutlak, akan tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai parameter untuk pendekatan dalam menjawab dengan baik.

Sudah barang tentu, Programer yang dikatakan sudah Profesional dalam menggunakan Delphi adalah ketika mereka sudah menggunakan berbagai fitur dari Delphi dengan baik dan benar serta tidak berlebihan.

Fitur-fitur yang dihadirkan untuk melengkapi Delphi menjadi lebih nyaman ketika digunakan sering kali terabaikan bagi mereka yang terlalu fokus kedalam dunia pemrograman. Padahal perlu diketahui bahwa dunia pemrograman itu akan memiliki seni yang bagus ketika dalam bekerjanya terlihat luwes, fleksibel, praktis, tidak bertele-tele dan yang paling penting adalah cepat.

Dengan bisa melakukan pekerjaan tersebut, maka seorang Programer sudah bisa merasakan nikmatnya dunia pemrograman. Dunia pemrograman yang bagi sebagian orang sangat susah, sulit dan ribet tidak selamanya akan benar. Dan cara kerja yang profesional-lah sebagai pendekatan untuk membalik persepsi tersebut.

Parameter Profesional

Berikut ini adalah parameter dikatakan sudah bekerja secara Profesional dengan menggunakan Delphi Terbaru:

  1. Menggunakan Template
  2. Menggunakan Option Set
  3. Menggunakan Refactoring
  4. Menggunakan Shortcut
  5. Menggunakan Bookmark
  6. Menggunakan Package
  7. Menggunakan Control Panel
  8. Menggunakan Service Application
  9. Menggunakan Web Service (Online)

Melalui tulisan-tulisan pada website ini, kita akan dibantu menjadi seorang Programer yang Profesional dalam waktu yang singkat, namun tetap bisa memiliki pemahaman yang kuat dan mendalam.

Hal tersebut bukanlah mimpi, namun bisa direalisasikan karena pada website Sejuta Aplikasi ini, setiap Artikel disampaikan secara terstruktur dan terkonsep. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak dapat mengikuti dengan baik tulisan ini.

Leave a Comment