Logika Percabangan

Jika kita bicara percabangan maka apa yang ada di pikiran kita? ya, percabangan adalah suatu kondisi yang harus terpenuhi supaya sebuah kejadian dapat berjalan.

Percabangan lebih cocok jika disebut dengan pengandaian yang menggunakan istilah jika, misalkan ada orang tua yang memberikan motivasi kepada anak-anak nya : Jika besok nilai rapotnya bagus maka akan ayah belikan sepeda sebagai hadiah liburan kelas tahun ini.

Jika hafalan al Qur’an nya nambah 1 jus maka akan ibu belikan baju sebagai ganti bajumu yang sudah mulai kekecilan, kata ibu kepada anaknya sebagai motivasi.

Nah contoh diatas adalah penerapan percabangan/pengandaian pada kehidupan nyata, dalam dunia pemrograman juga seperti itu. Apabila kondisi terpenuhi maka program akan menjalankan statement yang diberikan pada blok programmnya.

Percabangan bisa juga ada beberapa tingkatan, misalkan jika hari ini hujan lebat maka aku tidak bisa berangkat ke kampus, tetepi jika hujannya tidak terlalu lebat maka aku akan pakai mantel untuk berangkat ke kampus, kalau tidak hujan tentu saja aku akan berangkat ke kampus dengan senang hati tanpa kendala.

Aturan Penulisan Percabangan Pada Delphi Firemonkey

Pada bahasa pemrograman Delphi dan khususnya framework firemonkey yang terbaru, ada aturan-aturan kaidah penulisan percabangan yang harus diikuti yang serupa dengan bahasa pascal pada umumnya. aturan penulisan dapat dilihat seperti berikut:

IF Kondisi 1 = True Then
  Begin
     Statement 1;
  End
Else 
  Begin
     Statement 2;
  End

Kode Percabangan diatas hanya memberikan sebuah kondisi saja, IF (jika) Kondisi 1 = True (terpenuhi) maka akan mengeksekusi statement 1, jika kondisi 1 = False (tidak terpenuhi) maka akan mengeksekusi statement 2 pada blok Else (Lainya). Jika kondisi yang diberikan lebih dari 1 maka kode programnya akan seperti dibawah ini:

IF Kondisi 1 = True Then
  Begin
     Statement 1;
  End
Else IF Kondisi 2 = True
  Begin
     Statement 2;
  End
.
.
.
.
Else
  Begin
     Statement N;
  End

NB: Pada penulisan End diatas Else tidak perlu menggunakan ; (titik koma)

Implementasi Percabangan Pada Delphi Firemonkey

Setelah kita mengetahui aturan penulisan percabangan pada delphi firemonkey, selanjutnya kita akan membuat program dengan mengimplementasikan percabangan tersebut. Kita akan mencoba membuat aplikasi multiplatform yaitu dengan satu coding kita bisa memperoleh aplikasi untuk android dan windows sekaligus, jika belum tau caranya silahkan buka artikel sebelumnya tentang membuat aplikasi multiplatform dengan mudah.

UI Aplikasi Percabangan Windows dan Android

Setelah dibuka Delphinya, kemudian buat sebuah aplikasi jengan jenis Multi Device Application (File | New | Multi-Device Application – Delphi | Blank Application), setelah muncul sebuah form maka buat UI seperti diatas dimana untuk membuat UI seperti itu diperluka komponen-komponen antara lain:

  1. Layout
  2. Label
  3. Radio Button
  4. Edit
  5. Button

Alur Implementasi Percabangan Delphi

Idenya adalah kita akan membuat sebuah aplikasi untuk memberikan diskon kepada member yang berbelanja pada warung sembako mandiri, apabila/jika/IF yang berbelanja adalah member maka akan mendapatkan diskon sebesar 10% dari nominal belanja, jika orang yang belanja bukan member maka tidak mendapatkan diskon alias harga normal.

Warung Sembako Mandiri akan mengklik radio button untuk memberikan keterangan kalau pembeli adalah member, jika member maka nama bisa diisi dan jika bukan member maka nama tidak bisa diisi. Pengisian nama sebenarnya bisa digunakan untuk mencari member pada database jika nanti akan dibuat bisa menyimpan daftar member dan saat ini kita abaikan dulu.

Skrip coding akan kita letakkan pada tombol proses, langkahnya adalah klik 2 kali pada tombol proses dan kemudian halaman akan berpindah ke halaman coding. Pertama-tama kita akan memberikan coding pada Radiobutton 1 (ya) dan Radiobuton 2 (tidak), klik pada event OnChange pada masing-masing Radiobutton, skripnya seperti dibawah ini.

// Skrip pada radiobutton 1 untuk pilihan "Ya"
procedure TForm1.RadioButton1Change(Sender: TObject);
begin
if RadioButton1.IsChecked = True then
  begin
    Edit1.Enabled := True;
  end;
end;

// Skrip pada radiobutton 2 untuk pilihan "Tidak"
procedure TForm1.RadioButton2Change(Sender: TObject);
begin
if RadioButton2.IsChecked = True then
  begin
    Edit1.Enabled := False;
  end;
end;

Kemudian kita berikan skrip pada tombol proses, skripnya seperti dibawah ini.

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
   vNominal, vDiskon, vTotal : Real;
begin
if RadioButton1.IsChecked = True then
  begin
       vNominal := StrToInt(Edit2.Text);
       vDiskon := (10/100) * vNominal;
       vTotal := vNominal - vDiskon;

       Label5.Text := 'Belanja Rp. '+FloatToStr(vNominal);
       Label6.Text := 'Diskon  Rp. '+FloatToStr(vDiskon);
       Label7.Text := 'Total   Rp. '+FloatToStr(vTotal);
  end
else if RadioButton2.IsChecked = True then
  begin
       vNominal := StrToInt(Edit2.Text);

       Label5.Text := 'Belanja Rp. '+FloatToStr(vNominal);
       Label6.Text := 'Diskon  Rp. 0';
       Label7.Text := 'Total   Rp. '+FloatToStr(vNominal);
  end;
end;

Maka hasil untuk program windows dan Android nya adalah seperti berikut:

Aplikasi Windows untuk Warung Sembako dengan Percabangan Delphi
Aplikasi Android untuk Warung Sembako dengan Percabangan Delphi

Kesimpulan

Percabangan adalah dasar utama dalam pemrograman komputer, ditambah dengan menggunakan IDE Delphi yang sudah multiplatform maka membuat aplikasi untuk Windows dan Android bahkan iOS dan Mac OS menjadi lebih gesit dan mudah.

Leave a Comment