Perulangan Pada Delphi Firemonkey

Selain percabangan yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya, ada satu konsep pemrograman yang sering dipakai untuk menyelesaikan berbagai kasus yaitu perulangan.

Adakalanya kita melakukan sesuatu yang diulang, diulang dan diulang lagi semacam kegiatan yang dilakukan terus menerus sampai kondisi tertentu terpenuhi kemudian kita berhenti.

Seperti paskibraka, saat ada aba-aba maju jalan maka pasukan akan maju terus tidak perduli ada halangan apa didepan akan diterjang sampai ada aba-aba dari pemimpin pasukan.

Nah, sama dengan perulangan pada pemrograman dimana program akan selalu maju jalan sampai ada kondisi yang terpenuhi untuk menghentikan perulangan tersebut.

Ada beberapa macam perulangan yang terdapat pada Delphi Firemonkey, yaitu:

  1. For …. To…. Do….
  2. For …. Downto…. Do….
  3. While…. Do….
  4. Repeat…. Until….

Aturan dan Penulisan

Perulangan For….

Perulangan For ada dua macam, yaitu for … to … do … dan for … downto … do …, penjelasan perulangan dengan for adalah perulangan yang akan terus dilakukan mulai dari nilai awal sampai nilai akhir.

Perulangan dengan for kemudian diikuti to, maka perulangan ini dimulai dari nilai awal minimal sampai nilai akhir maksimal atau mudahnya dari nilai kecil ke nilai besar.

Kebalikan dengan perulangan menggunakan to, apabila kita ingin melakukan perulangan dari nilai besar (maksimal) ke nilai terkecil (minimal) maka kita bisa menggunakan for dengan downto

Jenis perulangan menggunakan for ini adalah jenis perulangan yang fix, artinya nilai awal perulangan diketahui dan nilai akhir perulangan juga sudah ditetapkan, bentuk penulisan dari perulangan for seperti pada script dibawah ini.

//Format penulisan For... To... Do...

For Counter := Nilai_Awal To Nilai_Akhir Do
  Begin
     Statement;
     Statement;
  End;
//Format penulisan For... Downto... Do...

For Counter := Nilai_Awal DownTo Nilai_Akhir Do
   Begin
      Statement;
      Statement;
   End;

Perulangan Repeat … Until…

Perulangan jenis repeat until ini akan menjalankan statement terlebih dahulu tanpa sampai kondisi nya terpenuhi dan bernilai benar, artinya sebelum kondisi bernilai benar maka perulangan akan terus dikerjakan dan akan berhenti saat kondisi mempunyai nilai benar.

Pada perulangan jenis ini, minimal statement dikerjakan satu kali baru akan melihat kondisi, jika kondisi masih bernilai false maka statement akan dikerjakan lagi begitu seterusnya sampai didapatkan kondisi dengan nilai true.

//Format penulisan Repeat... Until...

Repeat
    Statement;
    Statement;
Until (Kondisi = true); 

Perulangan While… do…

Perulangan jenis While do adalah perulangan yang melakukan pengecekan kondisi diawal sebelum statement di eksekusi, biasanya didalam statement akan ada alur yang membuat kondisi bernilai false, sehingga perulangan akan berhenti.

Jika hal itu yang harus dilakukan maka dalam statement harus ada increment penambahan nilai untuk kondisi supaya bernilai false, seperti variabel A := A + 1; jika kondisi awalnya adalah misalkan Nilai A > 10 dan inisiasi awal A := 0; maka harus dilakukan increment atau penambahan supaya nilai A lebih atau sama dengan 10 agar berulangan berhenti.

//Format penulisan While... Do...

While (Kondisi = True) Do
   Begin
       Statement;
       Statement;
   End;

Implementasi

Misalkan kita ingin membuat halaman login, biasanya kita menggunakan pengandaian/percabangan untuk membuatnya. Pernah terpikirkan tidak kalau kita bisa menggunakan while untuk membuat halaman login tersebut.

Ternyata dengan while kita bisa membuat fungsi login, logikanya adalah jika kondisi awal adalah input 1 = user dan input 2 = pass maka saat kita mengisikan username dan password dengan benar maka statement akan dijalankan yaitu login tersebut, jika input salah maka statement tidak akan dikerjakan.

Tapi ingat kondisi benar harus dibuat salah supaya perulangan berhenti, jika tidak dibuat salah maka perulangan akan terus terjadi. Form pada Delphi Firemonkey dapat dilihat pada gambar berikut.

Perulangan Dengan Delphi Firemonkey
Form Login dengan delphi firemonkey

Setelah form selesai dibikin, saatnya memasukan kode program kedalam aplikasi. Klik 2x pada button 1 (Tombol Login) dan masukan skrip dibawah ini. Kemudian jalankan program, dan hasilnya dapat dilihat seperti pada gambar dibawah.

procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
begin
   while (Edit1.Text = 'User') and (Edit2.Text = 'Pass') do
   begin
        ShowMessage('Login Berhasil');
        Edit1.Text := '';
        Edit2.Text := '';
   end;
end;
Perulangan Dengan Delphi Firemonkey
Form Login dengan While di Delphi Firemonkey

Saat input 1 dan input 2 sesuai dengan kondisi maka perulangan akan dijalankan yaitu menampilkan pesan (Showmessage()), setelah pesan kita klik OK maka program akan menghapus tulisan pada input 1 dan 2, kalau tidak dihapus maka pesan akan muncul terus karena tidak menjadi false.

Leave a Comment